Gelar Lomba Da i Kamtibmas, Kapolda Riau Irjen Moh Iqbal : Saya Bangun Akhlak Yang Baik Untuk Maksimalkan Pelayanan Masyarakat

Keterangan Gambar : Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama Pemenang pertama Lomba Da


PIDPoldaRiau.com. Pekanbaru - Kegiatan perlombaan Da'i Kamtibmas dan Qasidah Polda Riau, sukses digelar. Kegiatan berlangsung meriah dan berakhir pada Selasa (4/4/2023) malam.

Perlombaan dilaksanakan di halaman belakang Markas Polda Riau. Pada malam tadi, merupakan fase grand final untuk menentukan juara 1,2 dan 3 bagi masing-masing lomba.

Perlombaan diikuti oleh perwakilan dari 12 jajaran Polres se-Riau. Sebelumnya, masing-masing Polres sudah menggelar seleksi untuk mengirimkan satu orang peserta terbaik untuk mengikuti perlombaan di Polda Riau mulai pagi hari.

Sampai akhirnya, perlombaan mengecurut pada 3 besar baik untuk Da'i Kamtibmas maupun Qasidah.

Sebelum fase grand final dimulai, kegiatan terlebih dahulu diawali dengan salat Isya dan dilanjutkan tarawih berjamaah.

Hadir dalam kegiatan ini Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal itu, Gubernur Riau Syamsuar, Wakapolda Riau Brigjen Pol Kasihan Rahmadi, Ketua PWNU Riau T Rusli Ahmad, para Pejabat Utama (PJU) Polda Riau, Kapolres 12 kabupaten/kota serta beberapa tamu undangan lainnya.

Perlombaan grand final pun dimulai, masing-masing peserta tampak semangat untuk memberikan penampilan terbaik.

Untuk lomba Dai Kamtibmas, peserta membawakan materi dakwah yang berkaitan dengan tugas kepolisian yang humanis dan Rahmatan Lil 'aalamiin. Sementara lomba Qasidah, dibawakan secara berkelompok.

Pemenang Pertama Lomba Qasidah

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal yang duduk berdampingan dengan Gubernur Riau Syamsuar, terlihat antusias menyaksikan jalannya perlombaan. Sesekali Jenderal bintang dua itu tersenyum dan bertepuk tangan.

Dari penilaian juri yang berkompeten di bidangnya, alhasil para pemenang sudah ditentukan.

Juara 1 Da'i Kamtibmas, diraih oleh Aipda Iqbal Hamzah Dalimunthe, anggota Polres Rohil, juara II diraih oleh Bripda Imanuddin Maulana Lubis dari Polres Rohul, dan Briptu Silja Gandi asal Polres Kuansing menempati juara III.

Sementara juara 1 lomba Qasidah diraih utusan dari Polres Siak, juara II diraih Polres Dumai sementara juara III diraih Qasidah utusan dari Polres Pelelawan.

Piala dan uang pembinaan bagi para pemenang diserahkan langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal bersama Gubernur Riau, Syamsuar serta didampingi oleh Pejabat Utama Polda Riau.

Kapolda Irjen Pol Mohammad Iqbal usai kegiatan mengatakan, perlombaan ini sengaja dibuat oleh pihaknya dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadan 1444 Hijriyah.

Hal ini diungkapkannya, sekaligus menjadi bagian dari Operasi Tertib Ramadan yang sedang berlangsung, dimana personel jajaran juga diminta dapatmengedepankan pendekatan secara keagamaan kepada masyarakat.

Melalui lomba tersebut, Kapolda juga ingin membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Polri di jajarannya yang memiliki akhlak yang baik.

"Saya menginisiasi audisi di setiap Polres-Polres. Personel yang memiliki kapasitas dan kapabilitas menjadi Da'i Kamtibmas. Itu penting untuk memberikan imbauan di tempat ibadah, khususnya masjid. Sehingga lebih mengena dalam mengajak masyarakat untuk memelihara keamanan dan ketertiban dengan pendekatan agama dan ibadah," kata Kapolda Riau.

Lanjut Irjen Iqbal, hal ini juga sejalan dengan arahan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, yang ingin menghadirkan kepolisian di tengah masyarakat khususnya saat Bulan Suci Ramadan, sekaligus untuk menemukan kualitas sumber daya manusia personel di tiap-tiap Polres.

"Beliau (Kapolri, red) berpesan kegiatan ini supaya hendaknya bisa menginspirasi tiap anggota polisi sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dengan pendekatan melalui penyampaian pesan pesan keagamaan oleh Da'i Kamtibmas," ucap mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

"Dengan adanya Da'i Kamtibmas, saya ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa polisi memiliki akhlakhul karimah atau akhlak yang baik," imbuhnya.

Sementara terkait lomba qasidah, Irjen Iqbal menilai hal ini juga menjadi bagian dari kesenian yang harus dilestarikan. Karena qasidah, dapat menjadi sarana dalam menyampaikan pesan-pesan kebaikan.

"Alhamdulillah Bapak Gubernur, tokoh agama, tokoh adat yang hadir di sini gembira melihat anggota Polri yang tampil. Sekaligus merasakan kesejukan Ramadan. Doakan ini membawa berkah untuk Bumi Lancang Kuning," ujar Irjen Iqbal.

Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan apresiasi kepada Kapolda Riau yang telah mengadakan perlombaan tersebut. Bahkan Gubri mengaku, selama ia menjabat baru kali ini ada lomba keagamaan yang ditaja langsung oleh seorang Kapolda Riau, dan pesertanya adalah anggota polisi.

Dari perlombaan itu ia dapat melihat sisi yang sangat baik dari seorang polisi. Dimana polisi juga dapat menjadi seorang dai, bahkan memberikan hiburan dan pesan-pesan kebaikan lewat penampilan qasidah.

"Dengan adanya kegiatan ini bisa membuat suasana sejuk, menghadirkan rasa keamanan dan kedamaian. Sehingga dapat menjaga Bumi Lancang Kuning. Semoga para anggota polisi yang di lapangan bisa menyampaikan pesan-pesan kebaikan dari Bapak Kapolda dan Kapolri," harap Syamsuar.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.